google-site-verification: google74ec3993d4781e3f.html Media Interseluler: Jual Bawang Goreng Probolinggo

Jual Bawang Goreng Probolinggo

Jual Bawang Goreng Probolinggo. -Petani di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, mengeluhkan rendahnya harga bawang merah di tingkat petani selama sepekan terakhir, padahal harga bawang merah di pasaran masih cukup tinggi.

"Harga jual bawang merah tertinggi di tingkat petani hanya Rp14.000 per kilogram, bahkan selama sepekan terakhir bawang merah petani yang dijual kepada pengepul dihargai Rp8.000-Rp10.000 per kilogram," kata Safiudin, salah seorang petani di Probolinggo, Jumat (5/5/2017).
Jual Bawang Goreng


Pantauan di pasar tradisional Kraksaan Probolinggo, harga bawang merah di pasaran berkisar Rp25.000 hingga Rp26.000 per kilogram yang dijual pedagang kepada konsumen.

Jual Bawang Goreng Murah Probolinggo

Untuk mencapai titik aman agar petani tidak merugi, harga bawang seharusnya Rp15.000 per kilogram, sehingga ketika harga jualnya di bawah harga tersebut maka petani hanya bergantung pada tingginya jumlah produksi saat panen.

Ia mengatakan untuk luas lahan 4.000 m2 idealnya menghasilkan bawang merah yang siap jual minimal 2 ton, namun terkadang lahan petani terserang penyakit akibat cuaca ekstrem, sehingga produksinya tidak sesuai harapan.

Bawang Goreng Probolinggo

"Seperti saat ini, kadang panas dan kadang hujan, sehingga menyebabkan banyak penyakit seperti daun bawang jadi kering dan buahnya kosong. Belum lagi serangan hama ulat," tuturnya.

Dengan kondisi cuaca seperti itu, petani bawang merah di Probolinggo hanya bisa memanen sekitar 1,8 ton, bahkan Safiudin mengaku sempat panen sekitar 8 kuintal saja untuk luas 4.000 m2.

sumber:antara